Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Idris Rahim menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72 di lapangan Sport Center, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Pada peringatan HUT TNI tersebut dirangkaikan dengan upacara parade, defile dan demontrasi atraksi kemampuan para prajurit maupun alutsista TNI dengan tema "Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Mandiri, Berdaulat Berkepribadian Adil dan Makmur".

"Hal ini sebagai bentuk laporan pertangungjawaban TNI terhadap Presiden selaku Panglima tertinggi dan seluruh Rakyat Indonesia tentang kesiapan alutsista TNI termasuk yang terbaru dan performa prajurit TNI sehingga bangsa Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara langsung sebagai komponen utama pertahanan negara," ucapnya.

Idris menjelaskan bahwa penyelanggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertangungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan khusunya pada tahun anggaran 2017.

"Oleh karena itu tema pada kegiatan HUT TNI ke 72 ini adalah "Bersama Rakyat TNI Kuat" sehingga kecintaan akan terbangun sebagai modal pokok karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi NKRI," ungkapnya.

Menurut Idris, selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melaui Operasi Militer untuk Perang (OMP) atau operasi Militer Selain Perang (OSMP) khususnya dalam tugas OSMP, sebagai tugas telah dilakukan oleh Prajurit TNI dengan baik yang memebihi panggilan tugas.

"Tugas-tugas tersebut merupakan refleksi prestasi dan kinerja optimal yang dipersembahkan TNI kepada rakyat Indonesia seperti penanggulangan kebakaran hutan, bantuan kepada korban bencana banjir dan longsor," katanya, lagi.

Maupun keberhasilan TNI melaksanakan operasi Tinombala dalam rangka penumpasan aksi aksi terorisme. Dalam kaitan tersebut kata Idris, TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa dalam rangka meningkatkan ketahanan masyarakat dan ketahahan nasional.

Rangkaian upacara di HUT TNI ke-72 tingkat Provinsi Gorontalo dimeriahkan dengan pertunjukan beladiri Yangmoodo dan pameran alutsista serta pertunjukan drama kolosal "Palagan Ambarawa".

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017