Gorontalo, (Antara) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou melakukan kontrak kinerja dengan jajaran kepala desa (Kades), untuk menurunkan angka kemiskinan di wilayah desa yang dipimpinnya.

"Kontrak kinerja ini merupakan inovasi Pemkab Bone Bolango agar kades bersama jajaran pemkab mengurangi angka kemiskinan lewat program kerja yang terencana," kata Bupati belum lama ini.

Ia mencontohkan beberapa desa di Kecamatan Bulango Timur sudah bisa memnfaatkan dana desa dengan baik, sehingga jelas adanya pengurangan kepala keluarga miskin.

Bupati juga menyampaikan bahwa Desa Toluaya pada pertengaahan tahun 2018, harus `proklamirkan` desa tanpa rumah tangga miskin di Kabupaten Bone Bolango.

Terkait adanya program bantuan ternak sapi, Bupati berharap bantuan harus lebih banyak lagi, karena kabupaten itu ingin menjadi industrialisasi atau proyek peternakan sapi di Provinsi Gorontalo.

Sementara itu dikaitkan dengan posisi Kecamatan Bulango Timur menjadi sentral untuk perkembangan ternak sapi di Kabupaten Bone Bolango, diharapkan bisa dijalankan program itu dengan baik, terutama warga kurang mampu yang mendapatkan bantuan.

Bupati juga meminta program pada dana desa untuk diperbanyak, sehingga dengan itu bisa intervensi yang miskin. Warga miskin akan didorong ke atas sehingga dia tidak miskin lagi.

"Namun tidak bisa juga asal beri bantuan, harus ada pembimbingan. Para penerima dipilih lalu diantar supaya keluar dari rumah tangga miskin tersebut," jelasnya.  (adv/humas)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017