Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan bahwa pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus dapat memanfaatkan berbagai tantangan menjadi peluang.

Berbagai tantangan yang dihadapi oleh UMKM di Gorontalo yaitu sumber daya manusia (SDM), akses pasar serta modal usaha.

"Tantangan masih ada di depan UMKM dan kita akan menghadapi tantangan tersebut menjadi sebuah peluang dengan berbagai upaya serta kerja sama dengan berbagai pihak seperti kantor perwakilan Bank Indonesia Gorontalo," di Gorontalo, Rabu.

Idris mengungkapkan bahwa UMKM di Gorontalo dapat memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

"Jika pertumbuhan ekonomi kita meningkat maka pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat," jelas Idris.

Ia pun mengapresiasi BI Gorontalo yang setiap tahun selalu melakukan inovasi dan kreatifitas serta memprakarsai bagaimana caranya memajukan UMKM di Gorontalo.

Sementara itu, Suryono Kepala Kantor Perwakilan BI Gorontalo mengungkapkan bahwa untuk meningkatan SDM pelaku UMKM meliputi kompetensi dan juga pengetahuan, pihaknya selalu melakukan pelatihan-pelatihan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi, kabupaten dan kota.

"Kemudian kami juga menyentuh pembukuan, karena kebanyakan UMKM di Gorontalo ini tidak memisah uang untuk kebutuhan pribadi dan usaha," ujar Suryono.

Selain itu juga BI Gorontalo mencarikan akses pasar agar produk yang dihasilkan oleh UMKM di Gorontalo bisa masuk pasar nasional maupun internasional.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017