Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Program pemakaman gratis di Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, hingga tahun ini sudah mencapai 2.000 warga miskin, selama kepemimpinan Wali Kota Marten Taha dan wakilnya Charles Budi Doku.

Marten Taha menjelaskan, program tersebut adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat kurang mampu yang tertimpa musibah.

"Kemarin kami sudah melakukan penyerahan kepada keluarga almarhum Hapsa Hasan yang berada di Kelurahan Talumolo, Kecamatan Dumbi Raya. Dan program itu masih terus berlanjut," katanya, Jumat.

Marten menjelaskan, dari total 2.000 bantuan pemakaman gratis itu, rata-rata setiap tahun pemerintah memberikan 600 sampai 650 penerima pemakaman gratis.

Hal itu disebutnya sebagai konsisten pemerintah dalam menjalankan program. Maka ia berharap masyarakat bisa menikmati semua program gratis yang disalurkan oleh pemerintah.

"Apa pun program yang direncanakan pemerintah saat ini, semua bermuara pada kepentingan masyarakat. Terutama bantuan duka, yang sasarannya membantu warga dalam proses pengurusan jenazah," katanya lagi.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan perlengkapan jenazah serta biaya pemakanan dengan total Rp2 juta hingga Rp2,5 juta kepada keluarga yang berduka.

Jika ditotalkan anggaran 2.000 pemakaman gratis yang sudah disalurkan, yakni sebesar Rp4 miliar. Melihat besarnya manfaat tersebut, Marten memastikan program tersebut ajan terus direalisasikan.

"Ke depan kita tetap konsisten dalam menjalankan program, karena itu sangat membantu masyarakat," tutupnya.

Pewarta: Febriyandi Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017