Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo, Provinsi Gorontalo, akan menyajikan pagelaran budaya rutin sekali setiap bulannya, sebagai salah satu daya tarik mendatangkan wisatawan.

Bupati Boalemo Darwis Moridu, Jumat, mengatakan bahwa daerah tersebut memiliki beragam seni dan budaya yang akan disuguhkan kepada wisawatan.

"Di Gorontalo ada sembilan etnis yang hidup berdampingan dalam kebersamaan dan memiliki beragam budaya, ini yang akan kita tampilkan kepada pengunjung," katanya.

Sembilan etnis di Kabupaten Boalemo yaitu Bajo, Sasak, Sangihe, Gorontalo, Minahasa, Bali, Arab, Jawa dan Jawa Tondano yang masih-masing memiliki kebudayaan yang beragam.

Tarian Dayango Desa Aluhulalo, Kabupaten Boalemo salah satunya, tradisi leluhur yang hingga saat ini masih dipertahankan oleh sebagian masyarakat Desa Ayuhulalo yang sudah beberapa kali ditampilkan kepada wisatawan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Boalemo, Handoyo Sugiharto menambahkan, jika saat ini pertunjukan tarian Dayango dilakukan di lokasi saat ada acara saja, namun kedepan pertunjukannya akan dilakukan di Desa Ayuhulalo.

"Budaya merupakan daya tarik terbesar daerah, oleh karena itu kita akan melakukan pagelaran budaya rutin setiap bulannya bagi para wisatawan, dan ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang serta meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah," jelas Handoyo.

Pada tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Boalemo menargetkan jumlah kunjungan yakni 155 ribu wisatawan lokal dan nusantara serta 5.000 wisatawan mancanegara.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017