Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta kepala daerah yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) untuk memunculkan ide-ide kreatif dalam mengembangkan sapi.

Amran mengatakan bahwa jika ingin cepat mewujudkan capaian satu juta ekor sapi di empat daerah itu, jangan berharap pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) saja.

"Rangkul investor dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Perbankan, saya yakin program satu juta sapi ini akan berjalan," ujar Amran usai pencanangan satu juta ekor sapi di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Senin.

BKSU terdiri dari empat daerah yaitu Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Buol, Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Menurutnya jika perlu setiap Bupati bisa membuat peraturan yang mewajibkan setiap rumah di daerahnya memiliki sapi.

"Saya menjamin jika program ini dapat dijalankan dengan baik, maka beberapa tahun kedepan, empat kabupaten ini akan menjadi sejahtera," ucap dia.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan BKSU akan membantu Pemerintah Pusat dalam mencukupi kebutuhan daging sapi nasional.

"Selama ini kita selalu kekurangan sapi, oleh karena itu kami dari empat kabupaten ini sepakat bekerja sama dalam lima tahun kedepan akan menghasilkan 1 juta ekor sapi," pungkas Hamim.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017