Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo memperkirakan Indeks Tendensi Konsumen (ITK) atau indikator perkembangan ekonomi konsumen terkini daerah itu triwulan IV-2017 sebesar 100,98, lebih rendah dari triwulan III-2017 110,89.

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, Suri Handayani, Kamis, mengatakan hal itu berarti konsumen beranggapan bahwa kondisi ekonomi pada triwulan mendatang akan membaik. Namun tidak seoptimis pada triwulan III-2017.

"Perbaikan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan mendatang ditunjukan dengan nilai ITK mendatang yang bernilai di atas 100," ucapnya.

Menurutnya konsumen memperkirakan bahwa pendapatan pada triwulan mendatang akan meningkat yang ditunjukan dengan indeks pendapatan mendatang sebesar 103,29, lebih optimistis dibandingkan indeks pendapatan pada triwulan III-2017.

"Sebaliknya, pada indeks rencana pembelian barang tahan lama, rekreasi dan pesta menunjukan bahwa konsumen cenderung pesimistis dengan nilai indeks sebesar 96,92," pungkasnya.

Hal itu menahan nilai ITK mendatang dan menunjukan tingkat optimisme konsumen yang lebih rendah dibandingkan triwulan III-2017.

"Kondisi ekonomi konsumen provinsi-provinsi se pulau Sulawesi pada triwulan III-2017 menunjukan peningkatan dibandingkan triwulan sebelumnya," ujar Suri, lagi.

Kondisi itu tercermin dari nilai ITK triwulan III-2017 pada semua provinsi di pulau Sulawesi yang bernilai di atas 100 dengan tingkat optimisme yang beragam.

"Pada triwulan ini Provinsi Gorontalo memiliki ITK tertinggi, yaitu sebesar 110,89, sedangkan Sulawesi Tengah memiliki ITK dengan tingkat optimisme terendah yaitu sebesar 104,75," tutupnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017