Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, mengembangkan berbagai produk turunan dari pohon aren selain gula merah dan gula semut di Kecamatan Bulango Ulu.

Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan Bone Bolango, Basir Noho, Selasa, mengatakan produk yang dimaksud yaitu kolang kaling, gula aren cair, dan cuka aren.

"Pohon aren memiliki banyak manfaat dan menghasilkan berbagai jenis produk selain gula aren itu sendiri," ujar Basir.

Ia menjelaskan bahwa Kecamatan Bulango Ulu yang telah ditetapkan menjadi sentra aren di Kabupaten Bone Bolango dan Pemkab Bone Bolango juga telah menyediakan Unit Pengolahan Terpadu (UPT) Aren di tempat tersebut.

"Di Bulango Ulu terdapat 372 unit usaha gula aren dan setiap harinya perajin di unit usaha mampu menghasilkan 10 kilogram gula aren yang pemasarannya dilakukan secara lokal dan sesuai pesanan," jelasnya.

Saat ini juga Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah membina 25 unit usaha dan memfasilitasinya dengan Rumah Produksi Aren (RPA).

Basir mengungkapkan dengan banyaknya turunan produk aren, daerah tersebut mampu mengembangkan produk lokal secara berkesinambungan agar perekonomian masyarakat dan daerah mampu terus meningkat.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou berharap pelaku usaha aren mampu mengembangkan usaha mereka hingga menjadi lebih besar.

"Saya berharap dengan usaha aren ini, masyarakat mampu menyekolahkan anak, membangun rumah serta membeli alat transportasi dalam mendukung usaha ini," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017