Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyepakati kerja sama dalam mengintesifkan pengawasan obat dan makanan di daerah tersebut.

Kerja sama itu telah ditandatangani oleh Kepala BPOM Penny K. Lukito dan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim.

"Hari ini Badan POM menandatangani kerja sama dengan Pemprov Gorontalo, ini menunjukkan komitmen bersama yang lebih konkrit dan terukur dalam melindungi dan melayani masyarakat Provinsi Gorontalo yang terkait dengan obat dan makanan," kata Penny saat kegiatan Rapat Evaluasi Nasional (REN) BPOM yang digelar di Gorontalo, Kamis.

Ia menambahkan jika saat ini BPOM sedang memperkuat pengawasan obat dan makanan di Indonesia dengan menjalin kerja sama lintas sektor, kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Karena obat dan makanan merupakan aspek yang sangat penting dalam ketahanan dan masa depan bangsa, sehingga itu BPOM terus memperkuat kemitraan dengan berbagai pihak.

"Tantangannya semakin banyak, ada peredaran secara online yang harus kita respon, baik itu masalah obat, pangan, kosmetik, oleh karena itu kita harus sama-sama bergerak melindungi masyarakat," jelasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menjelaskan jika dalam melaksanakan tugasnya BPOM menyelenggarakan fungsi pengaturan, regulasi, dan standarisasi obat dan makanan, serta memiliki kewenangan terhadap lisensi dan sertifikasi industri di bidang farmasi.

"Tentunya tugas dan fungsi BPOM ini sangat berat, sehingga diperlukan dukungan aparatur yang profesional dalam mewujudkan pengawasan obat dan makanan," tegas wagub.

Terkait kerja sama antara pemprov Gorontalo dengan BPOM dalam mengintensifkan pengawasan obat dan makanan di Provinsi Gorontalo, Idris menilai bahwa langkah tersebut merupakan upaya yang sangat strategis dalam melindugi masyarakat dari obat dan makanan yang tidak layak dikonsumsi.

"Diperlukan koordinasi, konsultasi, dan komunikasi lintas sektor yang melibatkan seluruh instansi terkait agar pengawasan obat dan makanan lebih komprehensif," ujar Idris Rahim.

Selain dengan pemprov Gorontalo, pada kesempatan tersebut kerja sama juga dilakukan BPOM dengan para bupati dan wali kota, se-Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017