Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Harga ikan laut segar yang dijual di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, mengalami kenaikan akibat cuaca buruk, seperti angin kencang dan gelombang tinggi, sehingga nelayan sulit mendapatkan ikan.

Nurtin Hulopi, salah seorang pedagang di Pasar Ikan Bersih Inengo, Jumat, mengatakan kenaikan harga ikan segar mencapai 30-70 persen dari nelayan, karena kurangnya pasokan.

"Ikan jenis oci saja yang biasa kita jual Rp25 ribu/kg, sekarang menjadi Rp40 ribu/kg dan jika membeli satu keranjang saat ini dihargai Rp1,5 juta dari nelayan," ujarnya.

Untuk ikan jenis lajang, Nurtin mengatakan kenaikan juga cukup terasa, biasanya hanya dijual Rp20 ribu saat ini naik menjadi Rp35 ribu/kg.

"Cakalang juga naik, saat ini kami menjual Rp30 ribu/kg, dan rata-rata semua ikan laut segar alami kenaikan," pungkasnya.

Sementara itu, Suleman Miu, pedagang lainnya mengaku bahwa selain ikan kecil, ikan tuna juga mengalami kenaikan yang cukup terasa.

"Biasanya ikan tuna ini kami juga Rp40 ribu/kg, tapi dengan kondisi seperti sekarang, menjadi Rp50 ribu/kg karenan pasokan dari nelayan terbatas, sedangkan pembeli tidak pernah berkurang," ujarnya.

Kenaikan harga ikan kata Suleman, tidak menyurutkan minat pembeli karena memang sudah menjadi makanan utama di daerah tersebut.

"Buat kita harga naik dan turun itu biasa terjadi, namun jika terlalu mahal, cukup menyulitkan pembeli dan juga pasokan yang sedikit membuat dagangan cepat habis namun tidak banyak pemasukan karena tidak banyak yang terjual," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018