Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dirjen Perikanan Tangkap dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sjarief Widjaja mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango agar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Inengo bisa menjadi objek wisata.

"Jika berkenan mari kita gabungkan antara TPI dengan pariwisata, silahkan berjualan makanan hasil masakan ibu-ibu di rumah," katanya, Jumat.

Ia menjelaskan, nelayan yang pulang dari melaut dari mendapatkan ikan dapat menjadi atraksi yang menarik bagi wisatawan saat tiba di TPI.

"Jika lingkungannya bersih, TPI nya bagus maka ada penghasilan tambahan untuk nelayan, yaitu bapak nya pergi melaut sedangkan ibu menjual masakan berbahan ikan di TPI," ungkapnya.

Baca Juga : Ini Cara Bupati Bone Bolango Optimalkan Potensi Perikanan

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan bahwa daerah itu memiliki potensi perikanan dan pariwisata.

"Garis panjang pantai kita mencapai 60,9 km membentang dari Kecamatan Kabila Bone, hingga ke kecamatan Bone Pantai yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara," jelasnya.

Hamim mengungkapkan bahwa TPI inengo juga berdekatan dengan lokasi kemunculan hiu paus yang menjadi salah satu pariwisata unggulan di Bone Bolango.

"Kita juga memiliki taman laut Olele yang menjadi salah satu titik penyelaman yang memiliki terumbu karang yang indah serta biota laut yang beragam," ungkapnya.

Baca Juga : Pemkab Bone Bolango Kembangkan Sektor Perikanan

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018