Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Organisasi Aksi Solidaritas (OASE) kabinet kerja Jokowi-Jk, mendorong perempuan Gorontalo untuk melakukan IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat), dalam seminar Parenting Berbasis Karakter di Gorontalo, Senin.

"Dalam organisasi ini, kami mempunyai beberapa bidang program, di antaranya yaitu peningkatan kualitas keluarga, terutama deteksi dini kanker pada perempuan," kata Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada warga Gorontalo, saat kunjungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Mufidah Jusuf Kalla, dan sejumlah anggota OASE di daerah itu.

Dari pantauan Antara, saat Erni Guntartri Tjahjo Kumolo menanyakan siapa yang sudah melakukan IVA Test, kepada ratusan guru PAUD dan TK se-Provinsi Gorontalo, hanya sedikit yang mengacungkan tangan.

"Ibu Ida Syahidah Rusli Habibie (Istri Gubernur Gorontalo), masih banyak yang belum melakukan IVA Test, tolong didorong," ungkapnya.

Ia menambahkan, ibu-ibu sebagai tenaga pendidik, setidaknya harus peduli dengan kesehatan kita sendiri, mengingat pemeriksaan ini sangat penting.

"Kalau kita sakit, selain diri kita yang susah, bapak dan anak didik kita juga pasti susah," ujarnya.

Ia berharap setelah kegiatan seminar parenting ini, segera melakukan IVA Test, karena kanker serviks menjadi pembunuh nomor dua setelah kanker payudara, hampir tiap jam perempuan meninggal karena kanker.

Jangan sepelekan penyakit ini, selagi kita masih sehat justru harus memeriksakan secara dini.

"Di Puskesmas saya rasa sudah melayani pemeriksaan IVA Test," tambahnya.

Selain program peningkatan kualitas keluarga, OASE juga punya program sosial budaya yaitu program anti narkoba, pornografi, dan kekerasan.

Sementara itu, Idha Sahidah Rusli Habibie menjelaskan bahwa substansi kegiatan seminar parenting berbasis karakter ini, adalah mengajak kepada masyarakat untuk mendidik anak dengan cinta.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018