Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) jelang Pilkada tahun 2018 di Kabupaten Gorontalo Utara, berlangsung di halaman kantor bupati setempat.

Kapolda Gorontalo, Brigjen Pol Rachmad Fudail, Sabtu di Gorontalo, mengatakan, ada tiga hal yang difokuskan pada pelaksanaan simulasi ini, yaitu uji kemampuan, melatih atau uji peralatan dan uji prosedur dalam menghadapi Pilkada.

"Simulasi ini penting digelar agar kita tidak bingung dalam pelaksanaan pengamanan nanti," ujarnya.

Ia berterima kasih pada pihak pemerintah daerah telah mendukung pelaksanaan kegiatan itu dan apapun situasi yang dihadapi pada simulasi, hanya berupa gambaran kondisi daerah yang perlu disikapi dengan baik.

"Maka sangat diharapkan, tidak ada tindakan anarkis pada pengamanan Pilkada nanti," ujarnya.

Kapolda Gorontalo mengimbau, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat termasuk partai politik bersinergi menjaga kondusifitas daerah dan pelaksanaan demokrasi yang sebaik-baiknya.

Seluruh anggota Kepolisian pun diminta siap siaga menghadapi Pilkada, serta tidak gegabah dalam bertindak.

"Jika berpotensi ricuh, jangan sampai gegabah sebab yang dihadapi adalah masyarakat sendiri dan bukan musuh, maka apapun gejolak yang bisa saja timbul adalah bagian dari proses demokrasi yang berjalan semestinya," ujarnya.

Ia menegaskan, Polri dan TNI akan bekerja sama melakukan suatu pengamanan dan tindakan tegas apabila masyarakat merusak dan mencederai Pilkada.

Baca juga: Kapolda Berharap Pilkada di Gorontalo Aman

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Gorontalo Utara, Roni Imran dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), termasuk Irwasda Polda Gorontalo, Direktur Reskrimum dan Direktur Sabhara Polda Gorontalo.

Serta Kasat Brimobda Gorontalo Kombes Pol Gatot, Kapolres Gorontalo AKBP Yan Budi Jaya, Danramil 1304-11/Kwandang Kapten Inf Rusdianto Pombayle, Danramil 1304-12/Atinggola Kapten Kav Budiman.

Juga dihadiri Danki A Yonif 713/ST Lettu Inf Imanuel, Letda Sus Eka Pramudita yang mewakili Dansatradar 224 Kwandang, serta seluruh Kapolsek di jajaran Polres Gorontalo Limboto, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Fadliyanto Koem, Ketua Panwaslu Kabupaten, Jefrian Akutu dan Kakan Kesbangpol Abdulwahab Paudi.

Simulasi Sispamkota tersebut diikuti, 1 SST Brimobda Gorontalo, 1 SST Dalmas Polres Gorontalo, 1 SST Dit Sabhara Polda Gorontalo, 1 SST gabungan Reskrim dan Intelkam Polres Gorontalo, 200 anggota Polresta Gorontalo dan 50 anggota Satpol PP setempat.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018