Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, akan mengembangkan 1.700 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Kepada Disperindag Kabupaten Bone Bolango, Basir Noho, Selasa, mengatakan pengembangan itu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan produk daerah.

"Dari 1.700 UMKM tersebut, kebanyakan adalah pedagang dan industri pangan, seperti warung dan toko kelontongan," ujarnya.

Saat ini kata Basir, UMKM di Kabupaten Bone Bolango yang telah terdata sebanyak 22.746 UMKM dengan berbagai jenis usaha.

"Sedangkan untuk produk unggulan daerah, kita masih terus mengembangkan dan mempromosikan kopi organik Pinogu dan juga gula aren dari Bulango Ulu," ungkapnya.

Jumlah unit usaha aren di daerah tersebut saat ini berjumlah 332 unit usaha aren yang berada di Desa Mongiilo.

Produk hasil dari para pelaku IKM aren juga dipusatkan di Unit Pengolahan Terpadu (UPT) Aren di Desa Mongiilo yang memiliki gedung pengolahan hasil, gedung pengemasan dan promosi.

Sebelumnya, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan bahwa pihaknya juga akan meningkatkan koperasi aktif yang saat ini berjumlah 67 koperasi. Selain itu usaha industri diharapkan dapat semakin tumbuh.

"Produksi pertanian unggulan juga akan terus kita tumbuhkan, serta usaha komoditas kopi Pinogu dan gula aren. Pasaran harian juga akan dibuat di empat wilayah," jelasnya.

Menurut dia, semua usaha pengembangan itu harus disertai dengan kebijakan pemerintah daerah dalam hal pemasaran hasil, pengembangan kawasan ekonomi khusus dan kawasan terpadu.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018