Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, optimistis koperasi dapat menggerakkan perekonomian rakyat di daerah tersebut.

Asisten III Administrasi Umum, Pemkab Gorontalo Hen Restu, Sabtu, mengatakan sesuai dengan visi pemerintah setempat untuk mewujudkan masyarakat madani, yaitu mengoptimalisasi sumber daya alam kemandirian.

"Koperasi akan selalu tumbuh dan berkembang, dari koperasi yang belum ada Rapat Anggota Tahunan (RAT) hingga yang telah melaksanakannya," ujarnya.

Hen mengungkapkan apresiasinya kepada koperasi yang telah melaksanakan RAT. Dan menurutnya koperasi tentunya dibutuhkan oleh masyarakat dalam menggerakkan ekonom kerakyatan.

"Ada tiga jenis koperasi di daerah, yaitu koperasi daerah, koperasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan koperasi swasta. Tiga koperasi ini beda sifatnya walaupun sama-sama bergerak dalam perekonomian, karena koperasi itu bersifat kekeluargaan," jelas Hen.

Ia mengingatkan bahwa koperasi mengutamakan kesejahteraan anggotanya dan keuntungan koperasi itu untuk kebutuhan anggotanya.

"Pengurus bagian dari manajemen yang mengelola dana yang di kumpulkan dari anggota, jadi yang berdaulat dalam koperasi adalah anggota," ujar dia.

Untuk pertanggungjawaban selama setahun sebelumnya, Hen mengatakan pengurus memaparkan apa yang telah di capai karena bagian dari pertanggung jawaban. Menyusun rencana kegiatan kopersi untuk tahun berikutnya serta memberikan apresiasi atau kalau ada anggota yang kurang aktif di ganti dengan anggota yang baru

"Sekali lagi kami berharap koperasi bisa berperan dalam menggerakkan ekonomi rakyat terutama di desa, dan mampu berperan sosial seperti bagaimana mengurangi kemiskinan di desa tersebut," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018