Gorontalo,   (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menjajaki kemitraan pemanfaatan energi terbarukan dengan PT. LEN Industri, Rabu.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan saat ini baru 15 persen penggunaan energi terbarukan di Gorontalo dan menargetkan menjadi 40 persen pada lima tahun ke depan.

"Gorontalo memiliki sejumlah sumber energi alternatif, daerah kita memiliki laut, danau dan sungai yang dapat dijadikan sumber energi," jelas Nelson saat bertemu Dirut PT LEN, di Bandung.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mendorong pengembangan sumber energi matahari dan angin.

"Alternatif lain kita dalam mendorong energi terbarukan yaitu pemanfaatan biosel dari pohon dan tumbuhan yang ada di Kabupaten Gorontalo," ungkap dia.

Nelson menjelaskan, saat ini energi di Kabupaten Gorontalo terbatas karena masih menggunakan. Namun pihaknya terus berusaha melalui berbagai investasi dan mendatangkan investor.

Sementara itu, Direktur Utama PT. LEN Industri, Zaki Gaman Yasin mengapresiasi dan memyambut baik tujaun Bupati Nelson dalam mengembangkan energi terbarukan.

"Idealnya program sosialisasi pengembangan energi terbarukan ini kita terus kembangkan di daerah-daerah seperti contoh Gorontalo, maka dengan pertemuan penjajakan kerja sama ini kami respon baik," kata dia.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, ia berencana untuk berkunjung ke Kabupaten Gorontalo dan mensosialisasikan tentang energi terbarukan.

"Kami fokus dibeberapa kegiatan, diantaranya pengembangan iptek, sistem transportasi, energi terbarukan, elektronik, pertahanan, sistem navigasi dan transportasi," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018