Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Polda Gorontalo menggelar Operasi Keselamatan Otanaha 2018 untuk mencegah terjadinya berbagai jenis angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Kapolda Gorontalo, Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Rachmad Fudail, Kamis, mengatakan lalu lintas merupakan urat nadi perekonomian suatu negara.

"Oleh sebab itu pemeliharaan Keamanan Keselamatan Ketertiban Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) sangatlah penting dalam menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara," jelasnya pada pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Otanaha.

Ia menegaskan bahwa pada Operasi Keselamatan tahun ini ada beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Yaitu melawan arah lalu lintas khususnya kendaraan motor, menggunakan telepon genggam saat mengemudi, berboncengan lebih dari satu orang dan berkendara belum cukup umur.

"Dengan dilakukan penegakan hukum berupa teguran terhadap sasaran prioritas tersebut, maka pelaksanaan operasi keselamatan ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi," ungkap Kapolda.

Tujuan dari operasi tersebut antara lain, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, memininimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

"Operasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas serta terwujudnya situasi Kamseltibcarlantas menjelang pelaksanaan Pilkada di wilayah tahun 2018," lanjutnya.

Sedangkan untuk para personil yang menjalankan tugas pada operasi tersebut, Kapolda mengatakan untuk selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjaga keselamatan diri dalam pelaksanaan tugas.

Meningkatkan disiplin anggota Polisi lalu lintas yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta mewujudkan masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018