Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, mengatakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan Pemadam Kebakaran (Damkar) siap mengawal Pilkada serentak 2018.

"Tugas dan fungsi Satpol PP, Satlinmas dan Damkar memiliki relevansi dengan pelaksanaan pilkada 2018, yaitu membantu mewujudkan ketentraman masyarakat, ketertiban umum dan keamanan lingkungan," katanya saat peringatan Hari Uang Tahun ke-68 Satpol PP yang dirangkaikan dengan HUT ke-56 Satlinmas dan HUT ke-99 Damkar tingkat Provinsi Gorontalo di lapangan alun-alun Desa Moutong, Kabupaten Bone Bolango, Kamis.

Menurutnya, HUT ketiga organisasi pemerintah itu bertepatan dengan penyelenggaraan pilkada serentak di 171 daerah, yang meliputi 17 provinsi dan 154 kabupaten/kota.

Sebagai perangkat daerah, kata dia, Satpol PP dan Satlinmas harus siaga dalam mengantisipasi potensi gangguan terhadap ketertiban dan ketentraman masyarakat.

Saat ini potensi gangguan tersebut cenderung meningkat pada setiap tahapan penyelenggaraan pilkada.

Untuk Guna mengantisipasi kondisi tersebut, Idris mengemukakan pentingnya untuk melakukan koodinasi, integrasi dan sinkronisasi dengan penyelenggara pilkada, TNI dan Polri, serta instansi terkait lainnya.

"Personil Satpol PP, Satlinmas dan Damkar harus menyiapkan diri sejak dini untuk mengawal pilkada serentak dengan melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan seluruh instansi terkait," tambahnya.

Dalam peringatan HUT, para personil Satpol PP menunjukkan kemampuannya melakukan aksi beladiri karate. Juga ada simulasi pemandaman kebakaran oleh gabungan Damkar provinsi dan kabupaten/kota.
 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018