Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melakukan pendataan Potensi Desa (Podes), 2-31 Mei 2018 dengan cakupan seluruh desa/kelurahan di daerah tersebut.

Asisten II Sekretariat Daerah, Tanwir Ali, Kamis, mengatakan kegiatan itu penting untuk mengukur sejauh mana Alokasi Dana Desa yang diberikan pemerintah mampu memberikan perubahan positif terhadap perkembangan desa, yang diukur melalui Indeks Pembangunan Desa (IPD).

"Saya menginstruksikan pada seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), rumah tangga, dan pelaku usaha di Bone Bolango untuk melakukan koordinasi dengan kepala desa/lurah dalam menyukseskan pelaksanaan survei disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) dan Podes 2018.

Tanwir juga meminta agar pihak terkait memberikan data dan jawaban yang benar atas pertanyaan-pertanyaan yang tertuang dalam kedua pendataan tersebut.

Dan khusus kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, agar memastikan informasi mengenai kegiatan Podes tersebut sampai kepada seluruh jajaran pemerintahan desa/kelurahan.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bone Bolango, Rasjid Masjhur menjelaskan pelaksanaan kegiatan itu bertujuan untuk menyampaikan informasi terkait hal-hal yang berkaitan dengan program prioritas pemerintah di bidang investasi, yakni tersedianya data PMTB dan Podes tahun 2018.

Kita berharap lewat kegiatan ini, untuk survei penyusunan disagregasi PMTB agar koreponden-korespoden atau OPD yang menerima kuesioner yang telah kita bagikan segera dimasukkan.

"Kami juga berharap khusus untuk OPD, itu bisa mensosialisasikan pelaksanaan Podes di tingkat desa dan kelurahan. Harapan yang sama juga untuk desa/kelurahan agar memberikan data yang akurat, sesuai dengan apa yang ada di desa, sehingga nanti menghasilkan data yang berkualitas," pungkas Rasjid.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018