Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Pembangunan Unit Metrologi Legal (UML) mulai disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, agar konsumen di daerah itu mendapatkan akurasi timbangan sesuai dengan ketentuan.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Pedagangan dan UMKM, Basir Noho, mengatakan pembentukan UML itu bersifat wajib. Maka saat ini pembangungan sudah difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan.

"Diharapkan pada Agustus tahun ini UML sudah siap beroperasi. Karena kekurangan kami tinggal penyelesaian diklat Penera," katanya, Kamis.

Dari segi infrasturktur, peralatan, modul panduan mutu, diakui Basir sudah dipersiapkan lebih awal. Hal-hal itulah yang membuat Basir yakin untuk membangun UML di Bone Bolango.

Basir juga mengatakan, jika para pegawai Penera sudah selesai melaksanakan diklat, maka pemerintah siap diproses untuk mendapatkan surat keterangan tera, tera ulang dan pengawasan (TTUP).

"Sehingga bisa menjawab stagnasi pelayanan metrolegal di daerah. Ini sangat penting bagi masyarakat di Bone Bolango," ujarnya.

Tambahnya, pembangunan UML itu mendapat dukungan dari Direktorat Metrologi, Kementerian Perdagangan RI, terutama pada pendanaan.

Anggaran itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) untuk pengadaan kendaraan operasional dan peralatan di UML nanti.

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018