Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kecamatan terjauh di Kabupaten Gorontalo Utara, yakni di wilayah perbatasan Kecamatan Tolinggula, menerima bantuan bus sekolah dari pemerintah kabupaten setempat.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Senin, mengatakan, kebutuhan bus sekolah menjadi aspirasi masyarakat di wilayah tersebut sebab para pelajar sering mengalami kendala transportasi.

Pemkab memperjuangkan pengadaan bus sekolah gratis, agar kebutuhan pendidikan para pelajar terpenuhi dengan optimal.

Layanan bus gratis tersebut, akan memenuhi kebutuhan antar jemput para siswa sehingga mereka tidak kesulitan lagi, serta para orang tua tidak lagi kerepotan memikirkan biaya transportasi yang cukup mahal.

Sebab alat transportasi di wilayah ini hanya mengandalkan ojek dan becak motor (bentor), dengan biaya sewa diatas Rp5 ribu.

Sementara ini kata bupati, pemkab baru menyalurkan satu unit bus sekolah dan rencananya akan ditambah pada tahun 2015 mendatang.

Pemkab terus berjuang untuk memenuhi ketersediaan bus siswa secara gratis yang saat ini masih dibutuhkan beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Tomilito.

"Secara bertahap kebutuhan ini akan diupayakan, untuk memenuhi layanan kebutuhan pendidikan para pelajar di seluruh kecamatan," ujar Bupati.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014