Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, segera mewujudkan pembangunan tower jaringan telekomunikasi atau "Base Transceiver Station" (BTS) di lima desa prioritas yang belum terjangkau sinyal.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengatakan, dirinya telah menandatangani surat pernyataan kesiapan dan dukungan pemerintah daerah dalam membangun BTS bersama Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) RI.

"Hasil verifikasi Kemenkominfo RI, ada lima desa yang diprioritaskan. Salah satunya Desa Buata di Kecamatan Atinggola, yang beberapa waktu lalu melakukan aksi demo guna mempertanyakan status pembangunan BTS tersebut," katanya, Senin.

Bupati Indra Yasin juga mengatakan tim dari Balai Penyedia, Pengelola dan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informasi (BP3TI), Kemenkominfo akan turun ke desa pembangunan BTS, setelah melakukan verifikasi.

Lima desa yang akan ditinjau itu tersebar di empat kecamatan. Yakni Desa Buata di Kecamatan Atinggola,? Desa Dunu dan Tudi di Kecamatan Monano dan Desa Papualangi di Kecamatan Tolinggula.

"Kami juga telah mengusulkan ke Kemenkominfo untuk pembangunan BTS pada tahun 2019 nanti. Usulan itu berada di Desa Sarode Kecamatan Ponelo, Desa Dambalo dan Wapalo di Kecamatan Atinggola, Desa Durian di Kecamatan Gentuma Raya dan Desa Koluwaka di Kecamatan Sumalata Timur," katanya.

Bupati Indra Yasin menambahkan, bahwa semua itu untuk mewujudkan program "Nawacita" pemerintahan Jokowi-JK dalam membangun Indonesia dari pinggiran. Serta mewujudkan program Indonesia Merdeka Sinyal 2020 di seluruh wilayah Gorontalo Utara.

Sementara itu, salah satu warga di Desa Buata, Kecamatan Atinggola, Junaidin Mooduto mengapresiasi langkah pemerintah itu. Ia mengatakan bahwa akses masyarakat di sana akan segera terpenuhi dengan pembangunan BTS.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah. Intinya, kami di sini bisa terbantu, seperti memasarkan hasil produksi pertanian lewat internet, bahkan para pelajar dimudahkan untuk mengakses bahan-bahan pelajaran," tutupnya.

 

Pewarta: -

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018