Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, optimistis pengelolaan sumber daya perikanan di daerah itu akan optimal, jika pemerintah daerah fokus dalam pengelolaannya.

Hal itu diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Dedi Dunggio, Rabu, terkait upaya peningkatan sektor perikanan di daerah itu.

Beberapa langkah yang diharapkan ditempuh pemerintah daerah yaitu, peningkatan infrastruktur memadai, serta penguatan kelembagaan organisasi perangkat daerah (OPD) sebab sangat penting dalam penguatan program dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pengelolaan sektor unggulan tersebut.

"Jika sumber daya alam tersedia, namun perangkat atau organisasi pengelola dan sumber daya manusia khususnya aparaturnya minim, maka akan sulit meningkatkan potensi yang dimiliki," ujar anggota fraksi Partai Amanat Nasional itu.

Maka pemerintah daerah perlu memberi penguatan kelembagaan dan aparatur yang dimiliki, serta diharapkan terus membangun optimisme nelayan untuk fokus melakoni aktivitasnya.

Sebab kerja keras mereka tidak hanya berdampak pada peningkatan kesejahteraan namun mendukung pencapaian target produksi perikanan di daerah itu.

Nelayan pun harus diberi penguatan, seperti menerima bantuan fasilitas perikanan tangkap, seperti perahu mesin, alat tangkap dan fasilitas penting lainnya yang akan menunjang aktivitas mereka.

Disamping upaya pemerintah daerah melalui berbagai program bantuan langsung, termasuk fokus mengembangkan infrastruktur yang dimiliki.

Serta mengintensifkan sosialisasi terhadap aktivitas ramah lingkungan, seperti tidak melakukan pemboman ikan, termasuk bekerja sama memberantas aksi pencurian ikan, bahkan penangkapan ikan menggunakan kompresor untuk menyemprotkan obat bius.

"Pemerintah daerah diharapkan lebih serius dan terfokus dalam pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan di daerah ini, sebab kami optimistis, sektor tersebut mampu diandalkan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan memajukan daerah," ujarnya.

Nelayan pun kata Dedi, perlu diberi penguatan untuk memanfaatkan potensi perikanan di zona tangkapan yang belum terkelola dengan optimal, seperti pelatihan pengelolaan kapal perikanan tangkap antara 26-30 gross ton (GT).
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018