Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar penyuluhan pertanian dan perkebunan kepada warga Desa Pangea, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan hasil perkebunan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Boalemo, Triyono Badrudin selaku pemateri, Kamis, memaparkan pentingnya bercocok tanam bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

"Dengan bercocok tanam maka pendapatan masyarakat dapat meningkat, apalagi didukung dengan adanya lokasi lahan yang luas," ujarnya.

Ia mengungkapkan, daerah tersebut sangat strategis dengan luas lahan perkebunan yang besar untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Untuk meyakinkan masyarakat, Triyono memaparkan strategi cara menanam yang baik, dan meminta agar lingkungan sekitar para peserta penyuluhan juga dapat diajak untuk sama-sama bercocok tanam. Sebab, menurutnya banyak cara yang bisa dilakukan demi terwujudnya perubahan.

"Saya yakin ketika program ini dijalankan, masyarakat akan sadar sadar sendirinya. Bahkan dari hasil dari kerja keras mereka bisa menambah sumber pendapatan mereka dari sisi perkebunan," kata dia, lagi.

Selain penyuluhan pertanian dan perkebunan, TMMD juga akan melakukan berbagai penyuluhan lainnya ditengah-tengah masyarakat Desa Pange.

Penyuluhan yang dilakukan yaitu deradikalisasi, terorisme dan Isis, penyuluhan bahaya narkoba dan minuman keras, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara.

Selanjutnya ada penyuluhan hukum kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),  penyuluhan peternakan, kerukunan umar beragama, penyuluhan rekruitmen TNI, penyuluhan KB serta penyuluhan kesehatan lingkungan, dan pola hidup sehat.

Baca juga: Kepsek: SDN 23 Pangea Sangat Terbantu Keberadaan Satgas TMMD
Baca juga: Satgas TMMD Renovasi SDN 23 Pangea
Baca juga: Dandim 1304/Gorontalo Tinjau Lokasi Pembangunan Jalan TMMD

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018