Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, meminta kepada tenaga penyuluh yang tersebar di daerah itu, untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para petani.

Ia mengatakan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan para petani dari penyuluh, dapat mendorong peningkatan produksi pertanian, khususnya menunjang produktivitas hasil beras.

"Hal itu tentu bisa berimbas pada pendapatan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri," katanya, Sabtu.

Para tenaga penyuluh diminta menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah. Bahkan mereka harus melakukan penguatan pangan, sehingga ketersediaannya tetap terjaga.

Pengetahuan tentang pengelolaan pupuk organik juga diminta Bupati Indra untuk diberikan kepada para petani. Agar kensuburan tanah pertanian tetap terjaga.

"Kita jangan hanya tergantung pada pupuk anorganik," ujarnya.

Tambahnya, di Gorontalo Utara banyak kotoran ternak yang bisa diolah menjadi pupuk organik untuk kebutuhan pertanian. Maka hal itu harus dapat diolah secara mandiri oleh para petani.

Dengan bantuan tenaga penyuluh, Bupati Indra Yasin meyakini hal itu bisa terwujud. Tentu program itu harus didukung oleh tenga penyuluh yang memiliki keterampilan, agar bisa menyalurkan ilmunya kepada para petani.

"Saya harapkan tenaga penyuluh dengan ikhlas memberikan ilmunya," tutupnya.
 

Pewarta: Febriandi Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018