Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Kepala Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) Gorontalo Etyk Turniyatun mengatakan lewat  program BUMN Hadir Untuk Negeri, salah satunya program kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN), akan lebih mengenalkan budaya nusantara lebih dekat kepada pelajar, sehingga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme.

Ia menambahkan hari ini, sedikitnya ada 24 pelajar SMA/SMK akan mengenalkan budaya Gorontalodi Lampung dan belajar tentang kebudayaan yang ada disana, begitu juga sebaliknya, siswa asal Lampung akan mengenali budaya Gorontalo.

Sebelum diberangkatkan mereka diberikan pembekalan, tentang pariwisata, adat dan budaya Gorontalo dari Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, hal ini dimaksud agar nantinya para pelajar dapat menceritakan kepada rekan sebaya mereka saat berada di Lampung nanti.

"Dengan adanya pembekalan ini tentunya mereka akan memiliki lebih banyak lagi pengetahuan tentang budaya serta pariwisata yang ada di Gorontalo, agar nantinya dapat mereka sampaikan saat melakukan pertukaran siswa di Lampung," ungkapnya.

Selain itu, program Siswa Mengenal Nusantara tersebut bertujuan agar para pelajar yang menjadi utusan dapat belajar dan mengenal nusantara secara lebih luas lagi.

"Jadi dengan program ini tentunya para pelajar dapat mengetahui lebih banyak lagi tentang keberagaman baik suku, agama dan budaya yang ada di Indonesia," jelasnya.

Ia menambahkan, ada beberapa persyaratan tertentu untuk bisa mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara tersebut.

"Untuk mendapatkan para pelajar terpilih yang akan mengikuti program tersebut tentunya kami melaksanakan beberapa tes di antaranya ada tes psikologi dan juga tes wawancara," jelasnya lagi.

Pewarta: Siti Hardianti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018