Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan saat ini makna kemerdekaan bukan bebas dari penjajah, melainkan untuk mencerdaskan dan mensejahteraan rakyat.

"Makna peringatan bagi bangsa Indonesia adalah kemerdekaan ini diperjuangakan dengan keringat, darah dan nayawa, oleh karena itu semangat itu perlu ditularkan kepada kita yang hidup hari ini terutama membangun daerah dan membangun bangsa," ujarnya, Sabtu.

Nelson menjelaskan, sesuai tujuan bernegara kemerdekaan itu tidak hanya merdeka dari penjajahan tapi kita harus cerdas, mencerdaskan kehidupan bangsa, mensejahterakan rakyat dan juga dalam rangka meningkatkan kemakmuran masyarakat.

"Karena itu, seharusnya setiap tahun, setiap detik proklamasi terjadi peningkatan hal seperti yang diharapkan," tegas Bupati Nelson.

Menurut Bupati Nelson, selain itu makna peringatan HUT RI adalah kebersamaan kita sebagai bangsa melalui kemerdekaan terus diupayakan bersama, karena tidak diraih oleh seseorang tetapi karena gotong royong dan kebersamaaan rakyat bangsa Indonesia.

"Dengan kerja keras dan gotong royong, melahirkan Indonesia yang kita nikmati hari ini," ungkap Bupati Nelson

Nelson mengungkapkan, tantangan yang ada di Kabupaten Gorontalo adalah masalah kemiskinan, dan ini perlu diupayakan agar rakyat sejahtera, meningkatkan pendidikan serta tingkat pelayanan kepada masyarakat terus kembangkan.

"Dulu kita tidak punya fasilitas dan sebagainya seperti para pendahulu, pejuang kita menggelorakan semangat bekerja, maka kita hari ini sudah mempunyai berbagai fasilitas, oleh karena itu? kita harus betul-betul melayani masyarakat karena inilah harapan dari kemerdekaan itu," pungkasnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018