Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Semarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Perum Jamkrindo bersama Perum Perumnas melaksanakan lomba tradisional diikuti anak-anak hingga orang dewasa, di Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, rangkaian "BUMN Hadir Untuk Negeri", Sabtu.

Adapun lomba yang digelar diantaranya, lari karung sambil menggunakan helm, terompah, panjat pinang, makan kerupuk, cukur buah kelapa sambil berjoget dengan menggunakan alat cukur tradisional dan beberapa lomba kratif lainya.

Kepala kantor Jamkrindo cabang Gorontalo Etyk Turniyatun mengatakan, menariknya seluruh lomba ada kategori untuk anak-anak, dewasa hingga orang tua.
Lomba tradisional yang dilaksanakan oleh Perum Jamkrindo dan Perumnas, dalam rangkaian program BHUN 2018, di Kota Gorontalo


"Semarak kemerdekaan sangat terasa, luapan kebahagiaan bisa dilihat, kalah bukan menjadi persoalan di antara peserta," ungkap Etyk Turniyatun.

Ia mengakui sorak teriak warga menjadi kebahagiaan tersendiri baginya, seolah keceriaan semua warga kompleks kawasan yang cukup padat penduduk itu? menjadi satu mengikuti ajang perlombaan tradisional tersebut.

Sementara itu Manager Departemen Unit Khusus PK-BL Perum Perumnas Rini Isrofiyah menjelaskan generasi saat ini, anak-anak terlihat lebih cenderung bermain gadget dengan berbagai game online ketimbang melestarikan seni tradisional.

"Padahal permainan tradisional seperti ini selain menarik dapat menyehatkan badan, karena setiap permainan kita menggerakan tubuh," kata Rini Isrofiyah.

Tujuannya yaitu selain membangkitkan kesadaran masyarakat untuk terus berolahraga juga melestarikan warisan permainan orang-orang tua dahulu.

Baca juga: BUMN Hadir - Jalan Sehat Eratkan Hubungan Masyarakat Dengan BUMN
Baca juga: BUMN Hadir - Masyarakat Gorontalo Apresiasi Pasar Murah BUMN
 
Lomba tradisional yang dilaksanakan oleh Perum Jamkrindo dan Perumnas, dalam rangkaian program BHUN 2018, di Kota Gorontalo

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018