Gorontalo, (Antara News) - Khatib salat Idul Adha di lapangan Mayonif 713/ST, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo mengajak jemaah untuk bersikap rendah hati terhadap sesama, Selasa.

Safri yang bertindak khatib mengatakan bahwa manusia sangat dianjurkan bersikap adil dan rendah hati agar bisa semakin bertakwa.

"Namun hal itu sangat berbeda ketika melihat mayoritas sifat manusia saat ini, sejak anak-anak suah mudah untuk terpancing marahnya, tidak mau mengalah, dan kadang memaksakan kehendaknya untuk diikuti," jelasnya.

Terkadang anak-anak tidak bisa menerima sebuah nasihat dari orang tua, meskipun apa yang disampaikan itu sangat bermanfaat.

"Agar ini tidak terus terjadi, mari kita mencontoh Nabi Ibrahim yang membina keluarganya menggunakan akidah serta ibadah," ungkapnya.

Apabila akidah sudah benar maka tentunya dapat membuat kehidupan menjadi sangat tenang.

"Setelah akidah sudah menancap dalam diri yang menyadarkan bahwa Allah selalu mengawasi kita, baru kita ajarkan anak-anak dan keluarga untuk beribadah," katanya lagi.

Ia menambahkan, jika akidah sudah baik, ibadah sudah bagus, maka akan terbentuk akhlak yang baik pula.

"Dari akhlak yang baik itulah akan tercipta dengan sendirinya rasa saling menghargai serta rendah hati terhadap sesama," tutupnya.

Pewarta: Dian Bawenti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018