Gorontalo, (Antara News) - Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Gustam Ismail, meminta pemerintah kabupaten (pemkab) setempat seriusi pembangunan jalan di wilayah kepulauan, khususnya Kecamatan Ponelo Kepulauan.

"Jumlah penduduk di wilayah itu terus meningkat, melebihi 4 ribu jiwa maka peningkatan infrastruktur jalan sangat penting dalam mendorong laju perekonomian masyarakat," ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, di Gorontalo, Selasa.

Ia berharap, jika ada rintisan pembangunan jalan yang sudah terlaksana agar segera ditindaklanjuti untuk meningkatkan infrastruktur itu.

Saat ini, kata ia, sudah terbangun jalan sepanjang 9 kilo meter yang telah menghubungkan empat desa di kecamatan kepulauan itu.

Selebihnya, perlu ditingkatkan lagi kata Gustam, agar semakin memudahkan akses transportasi antar desa.

Jika sebelumnya, masyarakat di Desa Malambe hanya bisa menempuh jalur laut untuk ke desa tetangganya di Desa Ponelo, sebab pusat pemerintahan kecamatan dan layanan kesehatan ada di wilayah itu, maka kini masyarakat dari desa terujung bisa melalui jalan darat.

Jalan rintisan yang sudah dibuka sebelumnya pun harus segera diperbaiki agar pemkab tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.

"Jangan sampai jalan rintisan sudah dibuka, kemudian kelanjutan pembangunannya lambat dilakukan. Ini akan berpengaruh pada pembengkakan biaya akibat harus mengulang dari awal," ujarnya.

Ia berharap, pemkab mampu memprioritaskan pembangunan jalan di wilayah ponelo kepulauan yang kaya akan potensi kelautan dan perikanan, termasuk potensi budidaya rumput laut. "Akses jalan akan memudahkan masyarakat mengembangkan potensi sumber daya alam yang dimiliki," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018