Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dua lahan di Dusun II, Desa Pone, Kecamatan Limboto Barat dan Dusun III, Desa Pentadio Timur, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo terbakar, Rabu.

Kepala Unit Pemadam Kebakaran, Kabupaten Gorontalo, Farid Taha di Gorontalo mengatakan kebakaran di Desa Pone diduga terjadi pembakaran sampah yang dilakukan tanpa adanya pengawasan.

"Lahan tersebut milik pemerintah yang digarap oleh warga. Pada kejadian tersebut kami menurunkan dua armada pemadam kebakaran," ujarnya.

Sedangkan untuk kebakaran lahan milik Ani Karim (74) di Desa Pentadio, diduga terjadi karena puntung rokok yang dibuang sembarangan.

"Setelah menerima laporan warga, kami langsung ke lokasi dan melakukan pemadaman serta proses pendinginan dan melokalisasi untuk memastikan tidak ada lagi sumber titik api," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pada dua kejadian kebakaran lahan itu tidak ada korban jiwa dan tidak ada kerugian materi di kedua tempat tersebut.

"Tidak hanya memadamkan api kami juga melakukan sosialisasi tentang pencegahan dini kebakaran dan menginformasikan nomor piket kepada masyarakat," kata dia, lagi.

Farid mengimbau agar masyarakat dapat lebih waspada dan selalu berhati-hati agar tidak terjadi kebakaran lahan serupa di tempat tersebut.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018