Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menargetkan meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha 2019 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Sekretaris Dinas Perhubungan Gorontalo Utara, Jemmy Harun Igirisa, di Gorontalo, Rabu, mengatakan, pihaknya akan berupaya maksimal menata bidang transportasi yang ada, baik darat maupun laut.

Dampak penataan lalu lintas sangat baik bagi daerah ini, apalagi di wilayah darat tepat berada di jalur lintas Sulawesi.

Serta di wilayah laut, menjadi jalur perdagangan kapal antarpulau, juga terdapat lalu lintas taksi laut yang melayani masyarakat di wilayah kepulauan, termasuk keberadaan layanan komersil kapal tongkang dan kapal cepat "speedboat" di bidang pariwisata.

"Semoga saja, kita bisa meraih penghargaan itu pada 2019, apalagi hadiah berupa bus dari pihak Kemenhub sangat diharapkan," ujarnya.

Peningkatan jumlah armada bus di wilayah kecamatan terjauh dalam rangka menunjang fasilitas layanan transportasi publik khusus dalam daerah ini sangat diperlukan, mengingat secara geografis beberapa wilayah kecamatan berada jauh dari pusat pemerintahan di ibu kota Kwandang.

Disamping itu, bus sekolah masih sangat dibutuhkan di wilayah-wilayah perbatasan untuk mendukung kemajuan sektor pendidikan, mengingat beberapa desa berada jauh dari sarana pendidikan yang ada di pusat kecamatan.

Dia merujuk, tiga desa di Kecamatan Tolinggula di wilayah Barat, seperti Desa Cempaka Putih, Papualangi dan Limbato, yang memerlukan fasilitas transportasi publik bagi beragam aktivitas masyarakatnya.

"Kita berupaya melakukan penataan dan berharap doa serta dukungan masyarakat. Kalau menang, hadiahnya pasti akan dinikmati masyarakat," ujar Jemmy.

Ia mengaku optimistis, indikator minimnya angka kecelakaan lalu lintas di daerah itu, serta upaya meningkatkan sarana transportasi darat dan laut.

Ditunjang sarana pengujian kendaraan bermotor, sarana keselamatan jalan, pengaturan trayek transportasi darat serta transportasi kapal cepat "speedboat" dan kapal tongkang di wilayah lalu lintas laut.

Termasuk penyiapan terminal tipe C di Kecamatan Atinggola atau di pintu masuk bagian Timur, seluruhnya akan menunjang target Pemkab Gorontalo Utara meraih penghargaan tersebut.

"Kita berupaya semaksimal, termasuk menyiapkan analisis dampak lalu lintas (Andalin) yang akan menunjang peningkatan pelayanan infrastruktur perhubungan darat dan laut di daerah ini," tandas Jimmy.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018