Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - TNI Angkatan Udara (AU) Satuan Radar 224 Kwandang di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, turut mengatasi krisis air bersih di wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan.

"Hingga malam hari, penyaluran air bersih masih dilakukan di wilayah itu, untuk mengatasi krisis air bersih bagi warga di kepulauan," ujar Komandan Satradar 224 Kwandang, Mayor Lek Syafrullah Hasan di Gorontalo, Kamis.

Air bersih yang disalurkan berasal dari pihak Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) dan dipastikan gratis untuk masyarakat.

"Kami berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk penyaluran. Bahkan perahu yang digunakan untuk mengangkut tong air, didukung penuh oleh pemerintah kecamatan," katanya.

Sebelumnya, pihak Satradar menempatkan dua unit armada tanki air di Pelabuhan Kwandang, agar warga di kepulauan bisa datang mengambil air.

"Seharian para prajurit yang ditugaskan, menunggui mobil tanki namun tidak ada warga yang datang mengambil air. Hal itu membuat kami keheranan padahal laporan yang diterima wilayah Ponelo Kepulauan sangat membutuhkan bantuan air bersih," ujarnya.

Setelah dikoordinasikan dan menghimpun data di lapangan, ternyata warga kesulitan mengambil air di pelabuhan karena terkendala sarana pengangkutan maupun biaya sewa perahu.

Maka kondisi itu langsung ditindaklanjuti dengan menginisiasi distribusi air bersih secara langsung di wilayah-wilayah terparah, diantaranya Desa Malambe.

"Kami mengangkut tong air menggunakan perahu untuk mendekatkan pelayanan dan memudahkan warga mendapatkan bantuan air bersih," kata Syafrullah.

Salah seorang warga Ponelo, Oyhan mengaku sangat mengapresiasi bantuan pihak TNI AU di wilayah itu, mengingat krisis air bersih cukup menghambat aktivitas warga.

Aktivitas perekonomian menurun sebab warga harus meluangkan waktu agar bisa mengantri air bersih dari sumur yang ada. Itupun dengan antrean cukup panjang dan jatah untuk setiap rumah tangga sangat sedikit agar air bersih bisa dinikmati bersama.

"Kami berharap, krisis air bersih ini segera tertangani agar warga tidak mengalami kesulitan berkepanjangan," ujarnya.

Distribusi air bersih oleh pihak Satradar 224 Kwandang dilakukan sejak pagi dan berlangsung hingga malam hari, mengingat air dari mobil tanki dituang ke tong yang diangkut menggunakan perahu untuk pendistribusian secara langsung. 
 
TNI AU Satradar 224 Kwandang mendistribusikan air bersih di wilayah terdampak kekeringan di Kecamatan Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018