Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Menteri Pertanian, Sumber Daya Alam, Peternakan dan Perikanan Republik Tanzania Rashid Ali Juma mengajak Provinsi Gorontalo untuk bekerja sama di bidang pertanian.

"Tujuan utama kami datang ke Gorontalo untuk memperluas kerja sama, membangun komunikasi dan koordinasi di bidang pertanian dan perikanan, khususnya dalam pengembangan kelapa," kata Rashid pada pertemuan dengan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim di Hotel Maqna Kota Gorontalo, Jumat.

Ia menilai Provinsi Gorontalo memiliki keistimewaan dalam pengembangan pertanian dan perikanan.

Oleh karena itu pihaknya tertarik menggagas kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo, untuk memajukan sektor pertanian dan perikanan di Republik Tanzania.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljadi Daeng Mario menambahkan, kerja sama antara Pemprov Gorontalo dengan Republik Tanzania merupakan implementasi dari kesepakatan kerja sama antara Menteri Pertanian Republik Indonesia dengan Republik Tanzania.

Ia menjelaskan, Gorontalo terpilih  karena ada kesamaan baik dari segi iklim maupun dari komoditi pertanian yang dikembangkan.

"Menteri Pertanian Tanzania menilai pengembangan pertanian di Gorontalo lebih maju dibandingkan di negaranya. Karena itu pihaknya berharap bisa berbagi informasi, teknologi dan konsep pengembangan pertanian," ungkapnya.

Sementara itu Wagub Gorontalo menyambut baik rencana kerja sama antara Republik Tanzania dengan Pemprov Gorontalo di sektor pertanian dan perikanan.

Idris mengatakan ketertarikan pemerintah Tanzania untuk bekerja sama dengan Pemprov Gorontalo, merupakan tantangan untuk terus memajukan sektor pertanian yang selama ini menjadi sektor utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

"Kami berharap kerja sama ini akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani di Provinsi Gorontalo," katanya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018