Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Gorontalo bersama Tim Penggerak PKK melaksanakan diseminasi informasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Kecamatan Telaga.

Kepala BNN setempat, Mohammad Alamri di Gorontalo, Jumat, mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk mengedukasi masyarakat melalui media konvensional kepada keluarga.

"Kita berharap upaya ini dapat mencegah penyalahgunaan narkoba sejak dini, dimulai dari edukasi dalam keluarga," ujarnya.

Menurutnya, upaya yang utama dalam? penanganan dan pencegahan narkoba, berada dalam lingkungan terdekat yakni keluarga.

Sementara itu, Ketua PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Naway selaku pembicara pada kegiatan itu memberikan materi `peran keluarga Dalam Upaya Pencegahan Bahaya Narkoba`.

Ia menjelaskan, peran organisasi PKK dimana didalamnya terdapat para ibu sangatlah menentukan dalam menjaga anggota keluarga agar tidak terjerumus dalam perangkat narkoba.

"Tugas ibu-ibu bersosialisasi mulai dari diri sendiri, suami, anak,dan seluruh anggota keluarga sehingga bisa diinformasikan ke masyarakat lain." tambahnya.

Untuk itu, sebutnya upaya dalam rangka membentengi keluarga dari penyalahgunaan narkoba adalah melakukan pencegahan dini dan harus dilakukan dengan menanamkan nilai nilai positif kepada keluarga.

Caranya, lanjutnya dengan kemampuan mengatasi masalah ,bersosialisasi, hidup sehat, harga diri dan percaya diri termasuk dengan menumbuhkan kepribadian berkarakter serta menyampaikan info tentang narkoba kepada anak anak, suami dan keluarga bahwa itu barang mematikan.

"Peran Keluarga didalam P4GN yakni menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis, yang memahami kondisi psiologis anak serta menjalin komunikasi antara orang tua dan anak," ujarnya.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018