Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo dinilai perlu membentuk tim khusus yang bertugas mengkaji lahan untuk pembangunan infrastruktur jalan.

Hal itu diungkap Ketua Komisi II DPRD Gorontalo Utara, Hitler Datau, di Gorontalo, Rabu.

Ia menyebutkan Pemkab perlu menyiapkan tim teknis khusus untuk perencanaan pembangunan jalan mengingat banyak lokasi jalan di daerah ini yang kondisi lahannya tergolong khusus, diantaranya di wilayah pesisir dan kepulauan.?

Keperluan pembentukan tim ini, menurutnya telah dibahas melalui Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) pada rancangan APBD 2019.?

Ia mencontohkan pembangunan jalan di Kecamatan Ponelo Kepulauan, dimana kondisi lahan di wilayah itu tergolong kering dan pecah-pecah, bahkan saat musim kemarau, struktur tanahnya terbelah-belah.

Maka diperlukan kajian dari tim teknis agar alokasi anggaran dapat diimplementasikan dengan tepat, serta pembangunan yang dihasilkan akan dimanfaatkan jangka panjang. "Jangan sampai pemkab hanya menyusun perencanaan namun tidak melakukan analisis khusus terhadap lahan yang menjadi lokasi pembangunan jalan, akibatnya akan fatal terhadap pemanfaatan anggaran sebab potensi kerusakan jalan sangat besar," ujarnya.

DPRD berharap, kata Hitler pemkab secepatnya membentuk tim kaji khusus itu, untuk mempercepat program pembangunan jalan di tahun 2019.

Sebab menjadi kepentingan prioritas khususnya di wilayah-wilayah yang menjadi sentra pertumbuhan ekonomi.

Termasuk di Kecamatan Ponelo Kepulauan sebagai wilayah penyanggah pembangunan kawasan pariwisata bahari di daerah itu.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018