Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2018 di Provinsi Gorontalo mulai 14 Desember 2018, akan diisi dengan delapan kegiatan inti

Kasubdit Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Kemensos RI, Lies Indriati, Selasa, mengatakan, adapun delapan kegiatan tersebut adalah peresmian pemukiman Kawasan Adat Terpencil (KAT), Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial (BBKS).

Kemudian ada pameran, malam refleksi, peresmian proyek strategis, penganugerahan adat kepada Presiden Joko Widodo, Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS), serta puncak HKSN.

Beberapa hal yang masih harus dipersiapkan Pemprov Gorontalo adalah mobilisasi bantuan dari Kementerian Sosial, yang akan diserahkan pada kegiatan LKBS di Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo.

"Yang terkendala pada kami itu menyangkut pengiriman bantuan seperti kursi roda yang memang cukup berat. Kami sudah cek pengiriman melalui pesawat sudah penuh, alternatifnya melalui Hercules tapi itu pun baru berangkat pada tanggal 14 Desember 2018. Padahal mulai LBKS itu di tanggal yang sama," ungkapnya.

Solusi sementara, lanjutnya, bantuan belum akan diserahkan kepada seluruh kabupaten dan kota.

Menanggapai hal itu Wagub Gorontalo Idris Rahim menyarankan agar bantuan yang akan diserahkan pada LBKS secepatnya untuk dikirim menggunakan kapal-kapal kontainer dari Jakarta ke Gorontalo.

Idris berharap penyerahan bantuan dapat diserahkan secara keseluruhan kepada penerima bantuan pada saat penyelenggaraan kegiatan, agar tidak menimbulkan kekecawaan kepada masyarakat penerima.

"Pengiriman lewat kontainer hanya lima hari dari Jakarta-Gorontalo. Jika dikirim dalam satu atau dua hari ini, sebelum LBKS sudah ada di Gorontalo," ujar wagub.

Dia menambahkan, untuk bantuan yang akan diserahkan pada LBKS harus disertai dengan daftar bantuan yang disesuaikan dengan jumlah penerima bantuan.

Hal itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga ia meminta agar penerima bantuan diberi identitas yang jelas.

Sementara itu, terkait pemprov juga mempersiapkan lokasi pelaksanaan beberapa agenda HKSN, pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo pada puncak HKSN, serta penyambutan para tamu dari provinsi lain.

"Panitia harus segera menginformasikan kepada provinsi yang menjadi tanggung jawabnya. Kami meminta pejabat eselon III pada masing-masing organisasi perangkat daerah yang mengkoordinirnya," imbuhnya.

Panitia juga menyepakati Sekretariat HKSN dipusatkan di Kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo yang beralamat di Jalan Brigjen Piola Isa, Kelurahan Dulomo Selatan, Kota Gorontalo.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018