Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo memaparkan kontribusi daerah terkait dengan perubahan iklim pada "Conference of the Parties (COP 24)" di Polandia.

Pada rilis yang diterima Antara di Gorontalo, Rabu Nelson Pomalingo mengatakan Pemkab Gorontalo memperjuangkan agar daerahnya diperhatikan dalam hal pendanaan dan kemitraan internasional.

"Hal ini penting karena di era otonomi, mengatasi perubahan iklim dititikberatkan di daerah," ujarnya.

Ia menjelaskan, jika pihaknya terus berkomitmen secfara jelas dari perencanaan tentang perubahan iklim hingga tahun 2030 nanti, mulai dari kelembagaan hingga anggaran dan regulasi.

Dalam era kemandirian tahun 2021 hingga 2025 kita ingin partisipasi masyarakat lebih ditingkatkan lagi, anggaran yang tadinya jumlahnya masih kurang dan dominan di Pusat, lama kelamaan mulai ke daerah, kata dia, lagi.

Ia berharap pada tahun 2026-2030 nanti, ada harmoni antara manusia dan alam sekaligus partisipasi masyarakat yang tinggi.

Sejak tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo mengintegrasikan Adaptasi Perubahan Iklim (API) dalam kebijakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018