Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Legislator Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo berharap pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan berlangsung di daerah ini, berlangsung kondusif.

"Kita sudah melewati pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dengan aman dan lancar, harapan yang sama pada pelaksanaan Pilkades serentak di 90 desa tersebar di 11 kecamatan agar berlangsung kondusif," ujar Legislator Gorontalo Utara, Hitler Datau di Gorontalo, Senin.

Ketua Komisi II DPRD itu mengaku, ikut memantau tahapan pelaksanaan Pilkades.

Meskipun banyak persoalan mencuat, namun hari-H Pilkades serentak diharapkan kondusif.

Berbagai polemik yang bermunculan dan diaspirasikan ke DPRD, baik terkait pelaksanaan tahapan Pilkades maupun murni persoalan yang terjadi di setiap desa, harus mampu diatasi.

"Agar tidak memunculkan reaksi yang bisa memicu gangguan keamanan dan ketertiban pada pelaksanaan pilkades," ujar anggota fraksi Partai Golkar itu.

Ia berharap pelaksanaan Pilkades benar-benar mengacu pada regulasi yang ditetapkan, agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan dan menghasilkan proses demokrasi berkualitas, aman dan damai.

DPRD pun berpesan agar Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK) bersikap objektif dan tetap mengacu pada regulasi yang ada agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Seluruh elemen pun diharapkan bekerja sama dan konsisten mengajak masyarakat untuk tetap cerdas dalam menggunakan hak pilih.

Mempertahankan persatuan dan kesatuan sebab muara pelaksanaan Pilkades adalah lahirnya pemimpin di desa yang akan melaksanakan pembangunan di desa.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018