Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Alhamid Otoluwa meminta pemerintah daerah setempat terus meningkatkan transparansi pengelolaan keuangan.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu di Gorontalo, Sabtu, transparansi pengelolaan keuangan berupa program dan kegiatan pemda sudah diatur dan dijamin melalui regulasi terkait transparansi informasi publik oleh pemerintah daerah.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemda perlu merealisasikan transparansi pengelolaan keuangan alias tidak ada yang ditutup-tutupi.

Hal itu menjadi poin penting dalam pembangunan daerah, agar kemajuan di seluruh sektor bisa terlihat dan dapat mudah dievaluasi.

"Jika terdapat pengelolaan keuangan yang tidak tepat atau anggaran yang perlu ditingkatkan dari segi kuantitas agar berdampak pada kualitas pelaksanaan program pembangunan, maka akan mudah terlihat," ujarnya.

Transparansi pengelolaan keuangan pun, kata Alhamid, akan efektif mendorong partisipasi publik untuk mendukung program dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Keterlibatan publik dalam melakukan pengawasan terhadap program pembangunan daerah mulai dari desa hingga kabupaten, lanjutnya, merupakan wujud pengawasan.

Ia menegaskan, transparansi pengelolaan keuangan daerah juga akan berdampak pada peningkatan kepercayaan publik terhadap pemerintahan daerah.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019