Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Boalemo Darwis Moridu meninjau langsung sejumlah lokasi terdampak banjir di Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Senin.

Pantauan ANTARA di Gorontalo, Darwis Moridu meninjau rumah warga yang masih terendam air banjir, sekolah dan sejumlah fasilitas umum lainnya bersama instansi terkait.

"Kami dari pemerintah daerah melakukan peninjauan langsung untuk mengidentifikasi kondisi pascabencana banjir yang terjadi," ujarnya.

Ia mengaku jika Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boalemo telah menurunkan personil dan alat berat serta alkon untuk penanganan pascabanjir.

"Kita membuat saluran agar air yang masih merendam rumah dapat mengalir serta membuat drainase agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi," ungkapnya.

Untuk bantuan kepada korban banjir, ia mengaku jika pemerintah telah mendistribusikan bantuan sejak hari Minggu (27/1) dan masih akan terus disalurkan hingga banjir surut.

Sebanyak 4.987 jiwa terdampak banjir di empat kecamatan yaitu Kecamatan Tilamuta, Dulupi, Wonosari dan Botumoito, Kabupaten Boalemo. Seluruh warga yang terdampak banjir berada di sembilan desa.

Yaitu Desa Pentadu Barat terdapat 161 jiwa yang terdampak banjir, Desa Mohungo 1.245 jiwa, Desa Piloliyanga 630 jiwa, Desa Ayuhulalo 967 jiwa, Desa Lamu 750. Desa Limbato 161 jiwa, Desa Hungayonaa sebanyak 157 jiwa, Desa Potanga 557 jiwa serta Desa Dulupi 1.152 jiwa.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019