Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bank Sulutgo siap membantu pembiayaan sejumlah proyek yang akan dibangun di wilayah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melalui pemberian pinjaman daerah yang dibutuhkan.

Dirut PT. Bank Sulutgo Jeffry A.M Dendeng, Kamis, mengatakan saat ini pihaknya berencana untuk memberikan pinjaman daerah kepada Bone Bolango.

"Ada beberapa proyek yang akan dibangun di Kabupaten Bone Bolango, salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila yang akan kita proses untuk diberikan bantuan berupa pinjaman daerah," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan saat ini di daerah itu kondisi APBD masih terbatas dan belanja aparatur juga masih terbilang besar. Disisi lain, dirinya ingin ada pergerakan ekonomi, ada pelayanan publik yang membaik, misalnya di sektor pendidikan dan sektor kesehatan.?

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, pinjaman itu bisa direalisasikan. Dengan demikian operasional rumah sakit bisa berjalan dengan baik," harapnya.

Hamim mengungkapkan jika saat ini di Bone Bolango punya aset yang bagus seperti Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang bagus dan sehat, yakni RSUD Toto Kabila.?

Ia mengakui, tahun 2018 yang lalu Pemkab Bone Bolango telah membangun ruang bedah sentral, membangun ruang cuci darah, dan juga membangun 32 unit kamar baru untuk VIP di RSUD Toto Kabila.

"Permasalahan sekarang adalah untuk VIP RSUD Toto Kabila itu relatif masih bisa diatasi, tapi perlu investasi besar untuk ruang bedah sentral dan ruang cuci darah (hemodialisis)," ungkap Hamim.

Karena itu, tahun ini Pemkab Bone Bolango berencana untuk bekerja sama meminjam uang di Bank Sulutgo lewat pembiayaan daerah untuk menambah beberapa peralatan vital di RSUD tersebut.

"Dengan harapan, keberadaan ruang bedah sentral dan ruang cuci darah di RSUD Toto Kabila bisa segera beroperasi. Kemudian juga alat-alat kesehatan lainnya ini perlu ditambah. Kalau kita menggunakan uang dari daerah, itu sangat terbatas sekali, maka perlu kita meminjam di Bank Sulutgo," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019