Gorontalo, (Antara News) - Unit Kerja Mahasiswa (UKM) Literasi di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), memotivasi mahasiswa dengan berbagi tips untuk mendapatkan beasiswa.

Ketua UKM Literasi, Aditya Kilo, mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk menyebarluaskan informasi yang bermanfaat agar bisa membantu para mahasiswa UNG mendapatkan beasiswa.

"Kami berinisiasi untuk menggelar sebuah kegiatan setiap minggunya untuk berbagi pengalaman kepada para mahasiswa yang salah satunya adalah tentang bagaimana caranya mendapatkan beasiswa," jelasnya.

Ia mengaku bahwa kegiatan tersebut adalah perdana dilaksanakan oleh UKM Literasi dengan menghadirkan empat pemateri, yang terdiri atas penerima beasiswa dari Beasiswa Unggulan, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Djarum, dan Beasiswa Van Deventer Mass.

"Ke depan akan ada lagi penerima beasiswa lain yang juga akan kita undang untuk memberikan motivasi serta tips mendapatkan beasiswa yang belum diketahui secara umum oleh mahasiswa di UNG," ujarnya.

Di samping itu, ada juga bedah buku serta sosialsasi ke sekolah-sekolah yang menyampaikan tentang pentingnya dunia literasi.

"Literasi itu sangat penting, karena sekarang sudah masuk dunia industri 4.0 yang menjadikan literasi sangat penting yang tidak hanya memuat soal baca tulis, tetapi juga memuat berbagai aspek termasuk menyangkut soal teknologi," tambahnya.

Penerima Beasiswa Van Deventer Mass, Karina Ansyelia Mamonto, mengatakan, bahwa untuk mendapatkan beasiswa butuh perjuangan serta keseriusan.

"Banyak orang di luar sana terkadang mudah menyerah jika persayaratan untuk mendapatkan beasiswa itu menyulitkan mereka, padahal jika kita benar-benar ingin dan bersungguh-sunggu untuk bendapatkan beasiswa tersebut maka pastilah kita bisa meraihnya," jelas dia.

Selain itu, untuk mendapatkan beasiswa semua harus melewati seleksi dan tahapan yang paling penting itu ada dibagian wawancara.

"Intinya adalah perbanyaklah kegiatan yang bermanfaat untuk dilakukan terkait sosial maupun lingkungan, karena hal tersebut akan menjadi tombak kemenangan yang akan membuka jalan bagi teman-teman meraih beasiswa yang diinginkan," ungkapnya.

Pewarta: Dian Bawenti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019