Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang selaku Pangkoops Pengamanan VVIP bertempat di Makorem 133/Nani Wartabone memimpin langsung apel pengamanan kunjungan Presiden RI Joko Widodo selama dua hari, Kamis-Jumat (28/2-1/3) di Gorontalo.

Ia mengatakan gelar pasukan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI ini ditujukan untuk mengecek kesiapan Satuan Tugas Pengamanan VVIP, baik secara organisasi, kesiapan  personel, materiil, alat perlengkapan maupun sarana pendukung lainnya.

Dimana kunjungan kerja Presiden RI itu di harus dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Mari kita tunjukkan bersama bahwa aparat negara di sini, yakni TNI, Polri dan Pemerintah Daerah, mampu bersinergi dengan baik  dan bekerja secara profesional," katanya.

Keselamatan kepala negara adalah kehormatan dan harga diri suatu bangsa, karena presiden maupun wakil presiden merupakan representasi negara, sehingga perlu mendapatkan pengamanan secara khusus.

"Tidak boleh ada sesuatu yang mengganggu kunjungan kerja Presiden kita, apapun bentuknya dikarenakan kunjungan Bapak Presiden RI dan rombongan selama di  Gorontalo ini harus dapat dipastikan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar, baik selama kegiatan hingga beliau pulang ke Jakarta," tambahnya.

Ia berharap  bahwa seluruh personel Satgaspam VVIP benar-benar siap melaksanakan tugas negara ini, terlebih khusus
terhadap keamanan Bapak Presiden beserta keluarga yang telah dibagi sesuai tugas yang telah diatur.

"Saya dan Kapolda juga telah mengecek semuanya, sehingga saya yakin, seluruhnya telah siap, baik personel maupun materil, untuk menjalankan tugas operasi pengamanan kunjungan kerja Bapak Presiden RI," tambahnya lagi.

Pada apel gelar pasukan pengamanan Presiden RI itu, seluruh pasukan satgas Pamwil yang terdiri dari TNI Polri dan Pemda wilayah Gorontalo Kodam XIII/Merdeka ikut serta.

 

Pewarta: Adiwinata

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019