Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta pemerintah daerah menyeriusi desa-desa yang belum menikmati penerangan listrik.

"Ternyata masih ada desa di daerah ini yang belum dijangkau fasilitas penerangan listrik, seperti Desa Puncak Mandiri Kecamatan Sumalata," ujar anggota DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail, Sabtu.

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera itu, kondisi tersebut harus segera ditanggapi mengingat listrik menjadi keperluan prioritas rumah tangga yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan.

Masih ada dusun di desa itu belum dialiri listrik karena tidak adanya tiang listrik sebagai sarana penunjang.

Maka pemerintah daerah diharapkan andil menyiapkan sarana prasarana yang diperlukan, apalagi sebelumnya desa itu telah direncanakan untuk pembangunan instalasi listrik namun dipindahkan ke desa lain.

Gustam berharap, kondisi itu ditanggapi secepatnya oleh pemerintah daerah, agar seluruh desa tuntas listrik 100 persen. Artinya, tidak ada lagi desa yang belum menikmati penerangan listrik.

Percepatan infrastruktur kelistrikan di daerah itu harus menjadi prioritas, sebab aset-aset kelistrikan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ada di daerah itu.

"Maka seluruh masyarakat harus menikmati listrik tanpa terkecuali," tambahnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019