Prajurit TNI Angkatan Udara (AU) khususnya para anggota Satuan Radar (Satrad) 224 Kwandang yang bermarkas di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berpeluang menempuh pendidikan umum di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG) yang ada di Kabupaten Gorontalo.

"Kami akan menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan pengajaran, setelah melakukan pertemuan dengan pihak Satrad 224 Kwandang," ujar rektor UMG, Muhammad Isman Yusuf, di Gorontalo, Jumat.

Ia mengaku sangat mengapresiasi sikap terbuka pihak Satrad 224 Kwandang dalam kunjungan kerja yang dilakukan di markas para "penjaga langit" itu.

Selain berkesempatan menempuh pendidikan di UMG, para anggota Satrad 224 Kwandang pun diharapkan memberikan dukungan terhadap beragam kegiatan perkuliahan serta penelitian yang akan dilakukan di daerah itu.

Termasuk kegiatan sosial kemasyarakatan yang telah diprogramkan dalam bentuk pengabdian.

"Kita berharap, agar para anggota Satrad 224 Kwandang termasuk seluruh unsur TNI yang ada di Gorontalo bisa memanfaatkan UMG sebagai Perguruan Tinggi tempat para prajurit meningkatkan karirnya melalui jalur pendidikan umum," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Satrad 224 Kwandang, Mayor Lek Syafrullah Hasan mengaku sangat mengapresiasi kerja sama yang dibangun UMG dengan pihaknya.
Ia pun akan mendorong para anggotanya untuk bisa melanjutkan pendidikan umumnya di UMG.

Serta berharap agar kampus biru itu, bisa membuka kelas di kabupaten tersebut untuk memudahkan akses bagi para calon mahasiswa.

"Jarak antara wilayah kabupaten ini dengan kampus UMG di Limboto, Kabupaten Gorontalo, cukup jauh sebab harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam maka diharapkan dibuka kampus baru yang akan memudahkan putra-putri daerah ini, termasuk prajurit kami untuk menempuh pendidikannya di UMG," ujar Syafrullah.

Ia pun memastikan, memberi dukungan penuh terhadap pengembangan kampus UMG, termasuk siap menjadi pemberi kuliah umum terkait bela negara di bidang pertahanan keamanan udara.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019