Korem 133/Nani Wartabone dan Polda Gorontalo menggelar simulasi untuk memantapkan persiapan pengamanan menjelang pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019.

Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Arnold P Ritiauw di Gorontalo, Sabtu, mengatakan tujuan kegiatan itu adalah untuk mematangkan rencana sinkronisasi, integrasi, dan perpaduan pelaksanaan tugas Korem 133/Nani Wartabone selaku Satgas Ops TNI beserta Subsatgas jajaran dalam rangka menghadapi Pemilu 2019.

"Terutama dalam upaya perbantuan kepada Polri dalam hal ini Polda Gorontalo. Oleh karena itu, seluruh peserta harus memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, terlebih khusus jalur koordinasi yang harus ditempuh guna keberhasilan pelaksanaan tugas yang diemban," katanya.

Ia menjelaskan jika simulasi itu dapat memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para prajurit Korem 133/Nani Wartabone dalam menjalankan tugas perbantuan pengamanan.

"Kami gunakan waktu yang ada seefektif dan seefisien mungkin untuk berkoordinasi dan berdiskusi, sehingga latihan Tactical Floor Game (TFG) Korem 133/Nani Wartabone benar-benar realistis," ujarnya.

Simulasi tersebut dimainkan di atas peta dengan nama Tactical Floor Game, di mana pemaparannya dilakukan oleh para Kapolres jajaran Polda Gorontalo, Dandim 1304/Gorontalo dan Dandim 1313/Pohuwato serta para staf Korem maupun KPU dan Bawaslu Provinsi Gorontalo.

"Pemaparan itu terkait penempatan pasukan pengamanan serta kerawanan daerah pemilu maupun antisipasi pada kegiatan Pemilu 2019 yang tinggal beberapa hari lagi," katanya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019