Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara periode 2014-2019, akan dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang selama ini difungsikan sebagai taman kota di pusat kabupaten ini.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Senin, mengatakan, konsep pelantikan 25 anggota DPRD sengaja dipilih nuansa terbuka sebagai upaya pemerintah daerah untuk membuat kegiatan ini lebih merakyat, apalagi RTH tersebut berada di depan gedung DPRD dan kantor bupati, kompleks perkantoran Molingkapoto, Kecamatan Kwandang.

"Ini adalah inovasi pemerintah daerah untuk lebih mendekatkan wakil rakyat kepada masyarakat luas, sehingga proses pelantikannya sengaja digelar di ruang terbuka agar bisa disaksikan umum tanpa sekat apapun," ujar bupati.

Menurutnya, selama ini kegiatan pemerintah daerah lebih banyak dilakukan di dalam gedung, akibatnya tak dipungkiri banyak pejabat yang kurang dikenal masyarakat.

Untuk pelantikan anggota DPRD kali ini, harus benar-benar terbuka untuk umum agar masyarakat mudah menghafal nama dan wajah wakil rakyat tempat menyampaikan aspirasi.

Selain itu, pemerintah daerah berencana menempatkan sekitar 30 unit gerobak dorong yang akan menyajikan berbagai jenis jajanan dan makanan tradisional khas Gorontalo, agar bisa dinikmati masyarakat secara gratis.

Ia memastikan selain akan meningkatkan pengamanan bekerja sama dengan Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo pada proses pelantikan yang dijadwalkan 26 Agustus 2014, pemerintah daerah akan menekan anggaran pelantikan agar kurang dari Rp100 juta, mengingat beberapa fasilitas seperti tenda dan pengeras suara akan memanfaatkan aset daerah yang tersebar di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Muksin Badar mengaku sangat mendukung gagasan pemerintah daerah tersebut yang dipastikan sangat menguntungkan masyarakat, sebab bisa menyaksikan pelantikan para wakil rakyatnya serta bisa menikmati berbagai inovasi hiburan rakyat.

Meski tidak lagi terpilih sebagai anggota DPRD, politisi partai Golkar ini mengaku akan tetap mendukung pembangunan daerah dan jalannya roda pemerintahan daerah yang dipimpin bupati bersama wakil bupati Roni Imran.

"Saya akan selalu mendukung dan siap memberikan sumbang saran, ide maupun gagasan untuk membangun daerah ini lebih maju dan berkembang, khususnya dalam pengelolaan pemanfaatan sumber daya alam yang potensial untuk menunjang peningkatan perdapatan asli daerah," ujar Muksin.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014