100 anak dan balita dari kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo mengikuti wisuda imunisasi lengkap pada peringatan Pekan Imunisasi Dunia di gedung Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo, Kamis.

Sertifikat wisuda diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim yang didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Nurinda Rahim.

Setiap anak dan balita yang telah memperoleh imunisasi lengkap sejak lahir sampai usia 18 bulan, diberikan sertifikat Imunisasi Rutin Lengkap (IRL).

Sertifikat IRL nantinya akan dijadikan sebagai persyaratan bagi setiap anak yang akan masuk sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), dan Sekolah Dasar (SD).

“Ini merupakan satu inovasi yang patut kita apresiasi. Kami berharap melalui penerapan sertifikat IRL ini cakupan dan pemerataan imunisasi di Provinsi Gorontalo akan lebih meningkat,” ujar wagub.

Lebih lanjut, Idris menyebutkan pelaksanaan program imunisasi bertujuan agar bayi dan anak terhindar dari penyakit yang dapat menyebabkan kematian dan cacat.

“Tujuan imunisasi ini bermuara pada terwujudnya generasi yang berkualitas, sehat, kuat, dan cerdas,” tambahnya.

Wagub juga menandatangani komitmen bersama terhadap penerapan sertifikat IRL, sebagai salah satu persyaratan masuk sekolah PAUD, TK, dan SD di Provinsi Gorontalo.

Komitmen bersama juga turut ditandatangani oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota, Majelis Ulama Indonesia Provinsi Gorontalo, serta Kementerian Agama Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019