Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berharap Pemerintah Daerah Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, melihat peluang pengembangan pariwisata melalui tradisi budaya tahunan, seperti lebaran ketupat yang digelar setiap H+7 Idul Fitri.

Menurut dia, kegiatan tahunan yang diwarnai dengan pergelaran adat dan kebudayaan itu, menjadi investasi besar yang dapat meningkatkan kunjungan pariwisata.

"Pemda perlu cerdas menangkap peluang itu, mengemasnya lebih menarik dan mampu berinovasi dalam meningkatkan sektor pariwisata di daerah ini," ujar politisi PDIP itu.

Menurut dia, kegiatan budaya seperti Lebaran ketupat, dapat dikolaborasikan menjadi paket wisata unik untuk menggaet wisatawan datang berkunjung ke daerah itu.

Belajar dari daerah lain tambahnya, pagelaran kesenian tradisional menjadi daya tarik wisata di tingkat lokal, nusantara bahkan manca negara.

Apalagi di daerah itu, memiliki kekayaan budaya Gorontalo serta situs-situs bersejarah unik yang sangat potensial menjadi destinasi wisata.

"Jika kita dapat menangkap peluang itu, mengemasnya lebih menarik, sudah pasti akan banyak wisatawan datang berkunjung setiap tahun, apalagi kabupaten ini memiliki akses yang sangat terbuka melalui udara, darat dan laut," tuturnya.

Ia berharap, Pemda berinovasi menyusun perencanaan yang lebih matang dan tepat untuk mempublikasikan potensi pariwisata yang dimiliki, serta kegiatan-kegiatan menarik yang akan digelar setiap tahun.

Apalagi, jika kunjungan wisata meningkat, dipastikan masyarakat sangat diuntungkan dan perekonomian daerah berpeluang maju lebih pesat.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019